Anda yang menjalankan bisnis dengan jumlah produk yang banyak, tentu kerepotan apabila harus memasukkan satu per satu data produk pada back office Pawoon Anda. Tak perlu khawatir, karena Pawoon menyediakan fitur "Impor Produk" yang dapat memudahkan Anda menambahkan produk dalam jumlah banyak.  

Anda dapat menambahkan produk secara massal pada akun bisnis Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi my.pawoon.com dan log in menggunakan akun Pawoon Anda

Silakan masukkan email dan password akun, kemudian klik tombol "Login" yang akan langsung mengarahkan Anda ke dashboard akun Pawoon Anda.

2. Pilih Tombol Produk.

Pada laman dashboard,  klik menu "Produk" pada bagian kiri layar untuk masuk ke menu tambah produk.  

3. Pilih Tombol Impor.

Pada laman penambahan produk, Anda bisa klik tombol "Impor" di sebelah kanan atas layar yang akan memunculkan tampilan seperti dibawah ini:

4. Pilih Outlet dan UnduhTemplate 

Di bagian atas tampilan terdapat opsi "pilih outlet" yang dapat digunakan untuk memilih outlet yang ingin produknya ditambahkan. Untuk Anda yang memiliki lebih dari satu outlet, pastikan Anda memilih outlet yang benar sebelum mulai memasukan data produk ke dalam template yang telah disediakan. 

Setelah memilih outlet yang diinginkan, klik tombol "Download Template" untuk mengunduh file.

6. Baca "Panduan" dan Lengkapi Template 

Terdapat dua lembar sheet dalam template dengan nama file berbeda, yakni "Sheet" dan "Panduan" yang terletak di bagian kiri bawah file. Pelajari terlebih dahulu lembar "Panduan" sebelum mengisi detail produk pada lembar "Sheet".

Pastikan Anda mengisi semua bagian yang ada pada template sesuai dengan panduan yang tertera. Contoh sebagai berikut : 

Jika informasi yang diisi dalam template tidak sesuai, Maka akan muncul notifikasi gagal impor seperti gambar di bawah ini : 

Untuk mengetahui penyebab gagal impor, silakan klik Informasi. yang akan menjelaskan penyebab gagalnya impor seperti gambar di bawah ini : 

Anda dapat mengedit kembali template tersebut sesuai dengan langkah-langkah yang ada pada sheet "Panduan"

8. Save template (.xls) lalu pilih tombol "Choose File" kemudian upload template (.xls) yang sudah diisi.

Periksa kembali kelengkapan informasi dalam template sebelum diunggah, lalu klik "Choose File" untuk mengunggah template yang sudah terlengkapi.

Setelah Anda melakukan impor produk, akan muncul peringatan yang menjelaskan data yang Anda unggah sedang diproses oleh sistem Pawoon. 

Anda bisa klik tombol "Ok" dan status data yang Anda unggah akan muncul pada tombol notifikasi seperti berikut. 

Selanjutnya, untuk melihat data produk yang sudah berhasil diunggah, Anda bisa klik tombol "Lihat" di bagian kanan dialog bar atau klik tulisan cetak biru "Lihat Semua" di bagian bawah". Akan muncul tampilan sebagai berikut.

Apabila Anda klik tombol "Lihat", Anda akan masuk ke halaman produk yang telah memuat daftar produk yang berhasil diunggah.  

Anda telah berhasil menambahkan data produk Anda ke sistem. Selanjutnya Anda bisa melakukan pengaturan lebih lanjut seperti pengaturan stock, harga, bahan baku, maupun pengaturan lain sesuai kebutuhan. Untuk melihat langkah-langkah pengaturan lanjutan, Anda bisa klik di sini.

Catatan : 

  • Apabila terjadi kesalahan saat melakukan Impor Produk, Anda tidak dapat melakukan Impor ulang dan akan muncul notifikasi gagal impor.
  • Jika produk yang mengalami kesalahan berjumlah banyak, kami sarankan Anda dapat melakukan Reset Produk terlebih dahulu dan melakukan Impor kembali dengan template yang sudah benar. Untuk langkah-langkah reset, Anda bisa klik di sini
  • Namun, jika produk yang mengalami kesalahan input berjumlah sedikit, kami sarankan Anda dapat mengubahnya secara manual.

Untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut, silakan menghubungi tim support kami melalui Live Chat atau Call Center di nomor 1-500-360.

Selamat menggunakan Pawoon :)

Apakah Anda menemukan jawaban?