Apabila Anda hendak menyesuaikan atau memperbaiki data stok barang Anda di myPawoon, Anda dapat melakukan stok opname. Ada dua cara untuk melakukan stok opname, yakni menambahkan data stok opname dan impor data stok opname.

1. Pilih menu Inventori dan masuk ke sub-menu Stok Opname, atau masuk ke tautan ini https://my.pawoon.com/stockOpname/index.

2. Pilih opsi Tambah Stok Opname.

3. Pilih lokasi gerai/gudang, tambahkan catatan jika diperlukan.

4. Klik Detail untuk melihat seluruh data stok di lokasi yang dipilih.

  • Jumlah Barang (Sistem) adalah jumlah barang yang Anda miliki saat ini menurut sistem myPawoon sebelum dilakukan stok opname.
  • Jumlah Barang (Aktual) adalah jumlah barang yang Anda miliki saat ini di gerai/gudang.
  • Selisih Jumlah Barang adalah hasil dari jumlah barang di sistem dikurangi jumlah barang aktual: (a) Jika selisih jumlah barang bernilai 0, berarti jumlah barang di sistem sesuai dengan jumlah barang aktual; (b) Jika selisih jumlah barang bernilai positif (misalnya 1, 2, 3, dst), berarti jumlah barang aktual lebih dari jumlah barang di sistem; (c) Jika selisih jumlah barang bernilai negatif (misal -1, -2, -3, dst), berarti jumlah barang aktual kurang dari jumlah barang di sistem.
  • Harga Per Unit (Sistem) adalah harga barang/produk yang tersimpan di sistem.
  • Harga Per Unit (Baru) adalah harga terbaru produk, apabila ada perubahan.

5. Masukkan data barang sesuai dengan detail di atas.

6. Pilih opsi Simpan, jika Anda sudah selesai melakukan stok opname dan ingin menyimpan data tersebut di sistem myPawoon. Namun jika Anda belum selesai melakukan stok opname atau masih ingin memeriksa kembali data yang sudah Anda masukkan, pilih Simpan Sementara. Pilih Batal jika ingin membatalkan stok opname.
7. Setelah memilih opsi Simpan, data stok barang Anda di sistem myPawoon akan mengalami penyesuaian/perbaikan berdasarkan data yang Anda masukkan.
8. Pilih ikon mata untuk melihat rincian data stok opname dan pilih ikon panah bawah untuk mengunduh/download data stok opname.

Notes :
Apabila Anda ingin menambahkan stok opname, sebaiknya Anda melakukannya setelah tutup toko (closing) atau saat outlet tidak beroperasional. Jika memang urgent dan harus melakukan opname, mohon pastikan aplikasi Pawoon dalam keadaan online / terhubung internet dan semua transaksi sudah di update / sinkronisasi.

Apakah Anda menemukan jawaban?