Anda dapat mengelola masuk dan keluarnya kas di luar transaksi penjualan. Untuk detail kas masuk dan kas keluar hanya tampil di aplikasi Pawoon saja sedangkan di struk dan laporan hanya mencatat nominal kas masuk dan keluar.

Berikut ini langkah-langkah menambahkan kas masuk dan kas keluar :

1. Masuk ke aplikasi Pawoon POS dan pilih 3 garis putih di sudut kiri atas.

2. Sebelum mengelola kas, pastikan Anda mengaktifkan Cetak laporan penjualan ketika rekap kas agar laporan penjualan selama berjualan dapat tercetak ketika rekap kas. Dan mengaktifkan Saldo tercatat saat rekap kas agar kasir dapat mengetahui nominal penjualan yang tercatat di sistem.
Anda dapat mengaktifkan kedua opsi tersebut dengan cara masuk dengan menggunakan operator utama (operator paling bawah) pilih menu Lainnya dan aktifkan opsi tersebut.

3. Jika opsi tersebut sudah diaktifkan, selanjutnya pilih 3 garis putih di sudut kiri atas dan pilih Kelola Kas. 

4. Pilih Kas Masuk / Keluar.

5. Apabila setiap buka toko, Anda menambahkan kas untuk pengembalian uang atau sebagai modal awal maka pilih Kas Masuk dan tambahkan nominal kas yang dimasukkan serta catatan bila perlu dan lalu Simpan. 

6. Apabila ada kas yang dikeluarkan dari laci uang atau dikeluarkan dari penjualan di hari tersebut maka Anda harus memilih Kas Keluar dan tambahkan nominal kas yang dimasukkan serta catatan bila perlu lalu Simpan. 

7. Setelah Anda menyimpan kas masuk dan kas keluar maka akan tercatat history-nya seperti contoh dibawah ini. 

Apabila Anda ingin melakukan rekap kas, silakan ikuti langkah-langkahnya pada artikel Melakukan Rekap Kas.

Apakah Anda menemukan jawaban?