Setelah melakukan aktivasi akun, Anda bisa langsung menggunakan Pawoon dengan mudah. Hal pertama yang harus dilakukan tentu mencatat seluruh data produk Anda. Melakukan pendataan produk tentu harus dilakukan dengan cermat dan rapi. Anda bisa melakukan itu semua di Pawoon. 

Anda bisa melakukan penambahan produk dengan mengikuti langkah-langkah berikut : 

1. Kunjungi my.pawoon.com lalu login menggunakan akun Pawoon Anda.

2. Pilih menu Produk.
Setelah login, Anda akan masuk ke halaman dashboard seperti berikut. Untuk memasukkan catatan produk bisnis Anda ke Pawoon, Anda bisa klik tombol "Produk" di bagian kiri dashboard. 

Anda akan masuk ke halaman produk sebagai berikut :

Untuk menambahkan data produk, Anda bisa klik tombol "Tambah" di bagian kanan atas layar.  Setelahnya, Anda akan masuk ke halaman berikut untuk pengisian data produk :

Anda bisa membuat nama produk sesuai dengan kebutuhan. Nama produk bisa diisi sesuai dengan jenis produk bisnis yang Anda jual. Anda juga bisa menambahkan nama unik pada nama produk Anda, misal, Coffee Float Chopin.

Misal untuk produk Coffee Float Chopin, Anda bisa memasukkannya ke dalam kategori Coffee. Kolom kategori bisa Anda tambahkan sesuai kebutuhan. Apabila produk yang Anda masukkan termasuk kategori baru yang belum pernah ada sebelumnya, akan otomatis muncul tombol "Tambah" seperti berikut :

Setelah Anda klik tombol "Tambah", Coffee akan otomatis masuk ke dalam daftar kategori produk Anda.  

Anda bisa menambahkan detail produk lebih banyak melalui pengaturan lanjutan. Klik tanda panah ke bawah di samping tulisan "Pengaturan Lanjutan", akan otomatis terbuka halaman sebagai berikut :

Di halaman ini, Anda bisa melakukan pengaturan seperti produk yang sudah Anda masukkan ke database ini apakah akan Anda jual atau tidak. Produk yang tidak akan Anda jual, otomatis tidak akan muncul di sistem kasir dan hanya akan tercatat sebagai stock bahan baku (misalnya).  

Anda bisa memasukkan "SKU" (Stock Keeping Unit) sebagai nomor untuk produk Anda di database. Kolom "Barcode" bisa Anda isi sesuai kebutuhan. Untuk memudahkan karyawan Anda menjelaskan pada customer perihal produk-produk yang tersedia, Anda bisa menambahkan deskripsi produk.  Sedangkan untuk kolom "Pajak", Anda bisa mengisinya dengan pilihan "Mengikuti Pajak Outlet" atau "Tidak Ada Pajak".  

Di bagian bawah, Anda akan melihat "Detail Produk" dengan tampilan sebagai berikut :

Pada tampilan di atas, Anda akan melihat pilihan seperti : Kelola Varian Produk, Tunggal dan Komposit. Anda bisa klik "Tunggal" apabila produk yang Anda masukkan tidak memiliki resep atau bahan baku.  Namun, Apabila produk Anda memiliki resep atau bahan baku, silakan pilih opsi "Komposit". 

Apabila Anda klik tombol "Kelola Varian produk", maka akan muncul tampilan sebagai berikut yang bisa Anda isi sesuai dengan kebutuhan :

Untuk menambahkan jenis pilihan varian yang sesuai dengan produk yang Anda miliki, Anda bisa klik tombol "Tambah". Akan muncul kolom seperti kolom di bagian atas yang bisa Anda isi dengan tambahan varian sesuai kebutuhan. 

Misal

Anda ingin menambahkan varian "Sweetness", maka di kolom "Pilihan Varian" anda bisa mengisi dengan pilihan "Regular" dan "Low Sugar"

5. Pilih tombol Simpan
Setelah selesai memasukkan semua data produk yang Anda butuhkan, Anda bisa kembali ke bagian atas layar dan kemudian klik tombol "Simpan" dibagian kanan atas. 

Pengaturan tambahan seperti pengaturan untuk mengelola stock, bahan baku dan harga bisa Anda lakukan setelah menyimpan produk. Lebih detail mengenai jenis pengaturan ini bisa Anda baca di sini.


Anda bisa mengajukan pertanyaan lebih lanjut perihal fitur maupun pertanyaan lain tentang Pawoon kepada tim support kami melalui Live Chat atau Call Center kami di 1-500-360.

Selamat menggunakan Pawoon :)

Apakah Anda menemukan jawaban?