Data inventori merupakan aspek yang sangat penting dalam setiap bisnis. Pencatatan yang detail dalam inventory management akan menghemat waktu dan tenaga Anda dalam mengelola bisnis setiap harinya. Pawoon memberikan kemudahan dalam mengatur manajemen inventory bisnis Anda.  

Berikut ini penjelasan lengkap disertai dengan langkah-langkah dalam mencatat setiap detail inventori yang dibutuhkan :

1.  Silakan login terlebih dahulu ke akun Pawoon Anda melalui my.pawoon.com 

2. Pilihan Menu Yang Terdapat di Inventori

Silakan klik opsi "Inventori" di bagian kiri layar. Akan muncul berbagai pilihan menu seperti Kartu Stok, Stok Masuk, Stok Keluar, Transfer Stok, Stok Opname, Supplier, dan Purchase Order.  

Berikut ini penjelasan lengkap seluruh menu Inventori yang bisa Anda gunakan untuk mengatur manajemen inventori bisnis Anda.  

a. Menu Kartu Stock

Apabila Anda memilih opsi "Kartu Stok", akan muncul tampilan seperti di atas. Tampilan tersebut menunjukkan produk dan bahan baku yang tersedia. Untuk Anda yang memiliki bisnis dengan lebih dari satu outlet, Anda bisa melihat kartu stok dari outlet yang Anda tuju dengan klik tanda panah ke bawah di kolom "Lokasi". Anda juga bisa cek stok berdasarkan tanggal dengan klik tanda panah ke bawah di kolom "Tanggal". Anda juga bisa memeriksa stok berdasarkan kategori dengan klik tanda panah ke bawah di kolom kategori. Sedangkan untuk mencari stok produk tertentu, Anda tinggal ketik nama produk di kolom "Cari Produk".    

Di layar akan otomatis terlihat stok awal, stok masuk, stok keluar, penjualan, transfer, penyesuaian dan stok akhir. Kartu stok ini bisa Anda unduh dengan klik tombol "Unduh" di bagian kanan atas layar.

b. Menambahkan Stok Masuk

Untuk menambahkan stok masuk, Anda bisa memilih opsi "Stok Masuk" di bagian kiri layar. Akan muncul halaman menu seperti di atas. Silakan klik tombol "Tambah Stok Masuk" di pojok kanan atas layar. Akan muncul data tampilan yang harus diisi seperti berikut. 

Anda bisa mengisi setiap kolom pada halaman "Stok Masuk" sesuai kebutuhan. Untuk menambah kolom produk masuk, silakan klik "Tambah Produk" dibagian kiri layar. Anda bisa mengisi jumlah produk masuk di kolom jumlah, harga beli per unit dan kemudian total harga beli. Setelah selesai memasukkan semua data produk masuk, Anda bisa menyimpan data dengan klik tombol "Tambah Stok Masuk" di bagian bawah layar. Setelah data tersimpan, stok masuk yang baru saja Anda input akan tercatat dengan tampilan sebagai berikut.  

Jika Anda ingin melakukan pengecekan data yang sudah Anda masukkan, silakan klik pada ID Stok Masuk, sebagai contoh, Anda bisa klik pada tulisan "SM-0000001". Layar akan secara otomatis menampilkan data sebagai berikut.

Anda bisa mengunduh data Stok Masuk tersebut dengan klik tombol "Unduh" pada bagian kanan atas layar. Untuk menutup tampilan detail stok masuk, silakan klik tanda "x" di bagian kanan atas layar. 

c. Menambahkan Stok Keluar

Untuk menambahkan data stok keluar, Anda bisa memilih opsi "Stok Keluar" di bagian kiri layar, kemudian klik tombol "Tambah Stok Keluar" di bagian atas layar. Akan langsung muncul tampilan dengan kolom yang harus Anda isi sebagai berikut.

Silakan isi kolom-kolom yang tersedia mulai dari outlet tempat Anda mencatat stok keluar, tanggal stok keluar dibuat dan catatan (bisa diisi sesuai kebutuhan). 

Selanjutnya Anda bisa mengisi nama produk dan jumlah, sebagai ilustrasi Anda bisa melihat contoh di atas. Untuk menambahkan produk yang akan dicatat sebagai stok keluar, silakan klik "Tambah produk", akan otomatis muncul kolom yang harus Anda isi. Setelah selesai, Anda bisa klik tombol "Tambah Stok Keluar". Data stok keluar yang telah Anda buat akan otomatis muncul di dashboard "Stok keluar" seperti di bawah ini. 

Untuk melihat kembali data stok keluar yang telah Anda buat, Anda bisa klik ID Stok Keluar, silakan klik pada tulisan "SK-0000001". Akan otomatis muncul tampilan sebagai berikut.

Anda bisa mengunduh data stok keluar yang telah Anda buat dengan klik tombol "Unduh" di bagian kanan atas layar. Untuk menutup tampilan, Anda bisa klik tanda "x" di bagian kanan atas layar. 

d. Transfer Stok Antar Outlet

Pawoon menyediakan fitur "Transfer Stok" untuk Anda yang memiliki lebih dari satu outlet. Fitur ini bisa Anda gunakan apabila salah satu dari outlet Anda kehabisan bahan baku. Apabila Anda tidak ingin melakukan purchase order, Anda bisa melakukan transfer stok antar outlet. Anda bisa mencatat data transfer stok dengan klik opsi "Transfer Stok" di bagian kiri layar kemudian klik "Tambah Transfer Stok". Akan muncul tampilan dengan kolom-kolom yang harus Anda isi sebagai berikut. 

Anda bisa mengisi nama outlet asal dan tujuan, tanggal transfer stok, email outlet yang akan menerima stok, catatan (bisa disesuaikan dengan kebutuhan), dan nama produk yang akan di transfer. Setelah data yang Anda butuhkan telah diisi, Anda bisa klik tombol "Tambah Transfer Stok" di bagian kanan bawah. Data yang sudah Anda masukkan akan langsung muncul di dashboard seperti berikut. 

Anda bisa melihat kembali data yang sudah Anda buat. Untuk melihat kembali data yang sudah Anda input, Anda bisa klik ID Transfer "TS-0000001", kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut.

Anda bisa mengunduh data yang sudah dibuat dengan klik tombol "Unduh" dibagian kanan atas layar. Untuk menutup tampilan, Anda bisa klik tanda "x" di bagian kanan atas layar.                

e. Stock Opname

Pawoon menyediakan fitur Stock Opname apabila Anda terbiasa melakukan pemeriksaan stok secara berkala. Anda bisa memilih opsi "Stok Opname" di bagian kiri layar, kemudian klik tombol "Tambah Stok Opname". Akan otomatis muncul tampilan sebagai berikut.

Anda bisa mengisi kolom-kolom sesuai dengan data yang Anda butuhkan. Kolom "Selisih Jumlah Barang" di bagian tengah akan secara otomatis terisi. Setelah selesai mengisi data, Anda memiliki opsi "Simpan Sementara" apabila masih ada data yang akan diisi kembali nanti atau Anda bisa memilih opsi "Simpan" apabila seluruh data telah selesai dicek dan siap untuk disimpan. Data akan langsung otomatis tersimpan dan akan muncul data sebagai berikut di dashboard Stok Opname.

Anda bisa langsung mengunduh data Stok Opname dengan klik simbol titik tiga dibagian kanan, seperti contoh di atas. Untuk mengunduh, Anda dapat klik tulisan "Unduh", maka data stok opname akan otomatis terunduh. 

Untuk melihat kembali data stok opname yang telah Anda input, Anda bisa membukanya dengan klik ID Stok Opname pada tulisan "SO-0000001".  Selanjutnya akan langsung muncul tampilan sebagai berikut.

Di halaman ini juga terdapat opsi "Unduh", yang memudahkan Anda untuk mengunduh dokumen Stok Opname langsung dari layar ini. Untuk menutup tampilan, Anda bisa langsung klik tanda "x" di bagian kanan atas layar.   

f. Data Supplier

Sebagai pebisnis, Anda tentu memiliki partner bisnis atau pihak-pihak yang berperan sebagai supplier produk maupun bahan baku untuk bisnis yang Anda jalankan. Penting untuk mencatat data supplier agar Anda bisa dengan mudah menghubungi supplier untuk melakukan purchase order maupun bentuk komunikasi lainnya terkait stock produk Anda. Pawoon memiliki fitur Supplier untuk membantu mengelola data Supplier bisnis Anda. Untuk menambahkan data Supplier ke sistem, Anda bisa memilih opsi "Supplier" dibagian kiri layar, kemudian klik tombol "Tambah Supplier". Akan otomatis muncul tampilan dengan kolom-kolom yang harus Anda isi sebagai berikut.

Kolom dengan tanda bintang (*) berwarna merah, wajib untuk diisi. Ada baiknya Anda mengisi kolom email, karena hal ini akan memudahkan Anda untuk mengirim email Purchase Order melalui Pawoon. Setelah seluruh data terisi, Anda bisa klik tombol "Simpan" di bagian kanan bawah layar. Data Supplier akan otomatis tersimpan di dashboard Supplier sebagai berikut.

Anda bisa mengubah data Supplier dengan klik simbol titik tiga dibagian kanan, akan muncul tampilan seperti di atas. Untuk mengubah data silakan klik "Ubah". Sedangkan untuk menghapus data, Anda bisa klik "Hapus". 

g. Tambah Purchase Order  

Pawoon berkomitmen untuk membantu Anda mengelola bisnis dengan lebih efisien. Anda bisa melakukan Purchase Order kepada Supplier dengan fitur Purchase Order yang terdapat di Pawoon. Untuk menggunakannya, Anda bisa klik menu "Purchase Order", kemudian klik tombol "Tambah" dibagian kanan atas layar. Akan muncul tampilan dengan kolom-kolom yang harus Anda isi sebagai berikut. 

Silakan mengisi kolom-kolom tersebut di atas sesuai dengan data bisnis yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan fitur "Kirim Notifikasi Via Email Ke Supplier" dengan klik kotak kosong seperti ilustrasi di atas. Apabila Anda klik fitur kirim notifikasi via email, Pawoon akan otomatis mengirim email Purchase Order kepada Supplier Anda. Pastikan Anda mengisi alamat email di data Supplier terlebih dahulu. Untuk melihat langkah pengisian data Supplier, Anda bisa cek poin nomor 6 di atas. Apabila seluruh data sudah selesai Anda isi, silakan klik tombol "Simpan" di bagian kanan bawah layar. Data akan otomatis tersimpan dan muncul otomatis di dashboard Purchase Order sebagai berikut. 

Ada dua opsi yang bisa Anda lakukan untuk data Purchase Order yang sudah Anda lakukan. Untuk melihat opsi tersebut, Anda bisa klik simbol titik tiga di bagian kanan, akan muncul opsi "Batalkan" atau "Penerimaan". Opsi "Batalkan" bisa Anda pilih untuk membatalkan order. Sedangkan opsi "Penerimaan" bisa Anda pilih jika produk yang Anda order sudah tiba.  

Apabila Anda menggunakan fitur "Kirim Notifikasi Via Email Ke Supplier", maka Supplier Anda akan otomatis menerima email Purchase Order yang berisi data order dari outlet Anda lengkap dengan dokumen yang disertakan bersamaan dengan email, sebagai berikut. 

Berikut detail file attachment yang dikirim bersama dengan email Purchase Order:


Berbagai kemudahan Pawoon hadirkan untuk Anda melalui fitur-fitur yang lengkap dan sangat mudah untuk digunakan. Sebagai pemilik bisnis Anda akan menghemat waktu dan tenaga Anda agar dapat mengelola bisnis dengan lebih mudah dan efisien.  

Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai berbagai fitur yang terdapat di Pawoon, Anda bisa menghubungu tim Support kami melalui Live Chat dan Call Center di nomor 1 - 500 - 360.

Selamat menggunakan Pawoon :)

Apakah Anda menemukan jawaban?